Jangan Hangatkan Jenis Makanan Ini, Begini Resikonya

 












Masyarakat modern mengenal berbagai cara untuk mengawetkan makanan, mulai dari pengasapan, pengasinan, proses pendingan dan lain-lain. Seringkali yang dilakukan adalah memasukan makanan ke dalan kulkas, dan juga memanasi makanan tersebut agar tidak basi. Nantinya makanan dihangatkan agar bisa disantap kembali.

Dulu biasanya orang-orang biasa menghangatkan makanan dengan panci atau penggorengan/wajan di atas kompor,  kini ada cara yang jauh lebih praktis. Ibu rumah tangga menghangatkan makanan dengan menggunakan microvawe.

Mungkin makanan yang sudah dipanaskan tak ada perubahan rasa. Hanya saja, Anda mungkin tak tahu bahwa makanan yang selalu dihangatkan punya bahaya kesehatan yang mungkin mengintai. Tentunya ini sudah dikurangi dengan bahaya kehilangan nilai gizi dan kandungan gizinya.

Namun ternyata makanan yang dihangatkan bisa memicu kanker. Beberapa makanan mungkin tak masalah jika dipanaskan, namun beberapa makanan bisa menimbulkan  bahaya. Berikut makanan-makanan yang tidak dianjurkan untuk dihangatkan kembali menurut sejumlah pakar seperti yang kutip dari CNN Indonesia, adalah sebagai berikut :


1. Ayam
Sangat berbahaya jika Anda menghangatkan kembali masakan ayam dan kemudian memakannya. Protein yang ada di dalam ayam akan berubah komposisi. Akibatnya, Anda akan mengalami masalah pencernaan.

2. Kentang
Kentang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Namun jika Anda menyimpan kentang dalam waktu lama, mereka akan kehilangan nilai gizinya. Bahkan kentang juga bisa menyebabkan masalah pencernaan jika Anda menghangatkannya kembali.

3. Jamur
Jamur seharusnya disantap segar dan tak boleh dihangatkan. Komposisi dari protein dari jamur akan berubah dan bisa jadi punya efek yang sangat berbahaya.

4. Telur
Protein dalam telur akan hilang ketika Anda menghangatkan telur. Bahkan telur bisa berubah jadi racun dan menyebabkan masalah pencernaan jika Anda tak mengonsumsinya segar.

5. Bayam
Kalau sayuran hijau yang ini, Anda mungkin sudah tahu. Sayur bayam bisa sangat berbahaya jika dipanaskan. Salah-salah, sayuran ini akan menyebabkan kanker. Kandungan nitrat di dalamnya akan berubah menjadi nitrit ketika dipanaskan. Nitrit inilah yang menyebabkan kanker.

6. Seledri
Kandungan seledri sama seperti bayam. Jika dipanaskan, kandungan nitrit setelah dipanaskan akan berbahaya. Dan bisa menyebabkan kerugian bagi kesehatan kita. (berbagi sehat)

Baca Juga

0 Komentar

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama