Personil Polsek Marga Bahu Membahu Dengan Koramil Marga BPBD Dan Masyarakat Bersihkan Tanah Longsor



Tabanan - Sehubungan dengan terjadinya tanah longsor yang terjadi pada hari  Jumat tanggal 26 Mei 2023 sekira pukul 23.00 Wita  di jalan subak Baluan Desa Tua menuju Banjar Pinge, Kecamatan Marga Kabupaten Tabanan. Personil Polsek Marga dikerahkan untuk melakukan pembersihan material longsor berupa Tanah yang menutupi badan jalan tersebut. Selain longsor ditempat itu juga mengalami pohon tumbang yang disebabkan oleh terjadinya hujan deras pada hari Jum'at malam 26/5/2023.


Seijin Kapolres Tabanan AKBP Leo Dedy Defretes S.H. S.I.K. M.H., Kapolsek Marga AKP I Wayan Suta Arcana, S.H., mengatakan bahwa "kejadian Tanah longsor dan pohon tumbang ini terjadi pada malam hari saat hujan lebat di daerah tersebut. Karena struktur tanah merupakan Tanah labil dan jebolnya talang air saluran irigasi subak Baluan resapan air  mencapai maksimal ke dalam tanah." ujar Kapolsek Marga 


Kapolsek Marga juga menjelaskan bahwa "sesaat setelah kami terima informasi adanya tanah longsor pada pukul 08.00 wita (Sabtu 27/5/2023) personil Polsek Marga bersama dengan Koramil Marga, aparat desa dan BPD Kabupaten Tabanan segera ke tempat kejadian untuk membersihkan material longsor dengan menggunakan alat manual seperti cangkul dan skop. Selain itu  BPBD Kabupaten Tabanan juga telah melakukan pemotongan pohon tumbang dengan menggunakan gergaji senso. Dan pembersihan hari ini juga menggunakan mesin air guna dilakukan penyemprotan terhadap badan jalan yang tertimbun longsor.

 Untuk mempercepat proses evakuasi material longsor rencana akan dilakukan pembersihan lanjutan pada hari Minggu tanggal 28/5/2023 dengan menggunakan alat berat/bulldozer". Ungkap Kapolsek Marga


"Personil yang ditugaskan pada hari ini dari Polsek Marga menurunkan Unit Samapta, Binmas dan bhabinkamtibmas yang tergabung dalam Tim Siaga Bencana Kecamatan Marga. Dari kejadian Tanah longsor tersebut nihil korban jiwa. Kerugian material diperkirakan mencapai 5 juta karena Material beton saluran irigasi mengalami jebol/ambrol". Tutup Kapolsek Marga.


(Humas Polres Tabanan)

0 Komentar

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama