Pimpin Rakor Ops Mantap Brata Agung 2023-2024, Kapolda Tegaskan Netralitas Polri


Bali-Kepala Kepolisian Daerah Bali Irjen Pol Ida Bagus Kd Putra Narendra, S.I.K., M.Si., selaku Kaopsda pimpin rapat koordinasi Operasi Mantap Brata Agung 2023-2024 dan tegaskan netralitas seluruh anggota Polri, di Gedung PRG Polda Bali, pada kamis 9/11/2023.


Rakor tersebut dihaditi juga Wakapolda Brigjen.Pol.Dr. I Gusti Kade Budhi Harryarsana, S.I.K., S.H., M.Hum., selaku Wakaopsda, Irwasda dan seluruh Pejabat Utama Polda Bali, serta Kapolres/ta jajaran Polda Bali dan para pejabat Ops Mantap Brata.


Dalam sambutannya Kapolda Bali pada intinya memyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada seluruh PJU, Kapolres/ta, serta seluruh personel Polda Bali, atas dedikasi selama ini sudah bertugas sangat baik, sehingga situasi Kamtibmas Bali pada umumnya tetap aman dan kondusif, serta atas suksesnya pengamanan berbagai pelaksanaan even internasional, seperti KTT AIS, AALCO dan HWC 2023, di Nusadua Bali.


Kita ketahui bahwa sejak 19 oktober 2023 kemarin, secara serentak jajaran Polri se-Indonesia mulai melaksanakan operasi mantap brata agung 2023-2024, dalam rangka mengamankan pemilu tahun 2024.

Demikian pula halnya dengan Polda Bali, saat ini kita tengah mangamankan tahapan proses pendaftaran dan penetapan calon presiden dan wakil presiden yang berlangsung sejak tanggal 19 oktober s.d. 25 november 2023 nanti.


Meskipun saat ini situasi Kamtibmas di wilayah kita relatif aman, saya minta agar seluruh Satgas termasuk Satgas Polres tetap fokus dalam melaksanakan tugasnya masing-masing dengan baik.


Minggu lalu saya bersama seluruh kapolres/ta jajaran Polda Bali mengikuti kegiatan apel Kasatwil 2023 di jakarta. kegiatan tersebut di pimpin oleh bapak Kapolri dan turut dihadiri oleh narasumber eksternal seperti para Menteri, Panglima TNI, penyelenggara Pemilu, Pejabat Utama Mabes Polri dan seluruh Kasatwil. pada intinya, bapak Kapolri meminta kepada kita semua untuk memastikan kesiapan Polri untuk mengamankan pemilu 2024.


Terdapat beberapa indikator keberhasilan Pemilu dan Pilkada serentak 2024 yang harus mampu kita wujudkan yaitu :

Pemilu berlangsung aman dan lancar sesuai aturan yang berlaku;

partisipasi pemilih yang tinggi;

tidak terjadi konflik yang dapat merusak persatuan dan kesatuan bangsa terutama konflik sosial dan kekerasan;

Pemerintahan yang ada tetap berjalan dengan lancar, baik di pusat maupun daerah.


Untuk mewujudkan indikator keberhasilan tersebut, ada beberapa penekanan pimpinan khususnya bapak Kapolri dalam menghadapi Pemilu 2024 yaitu :

Jaga integritas, profesionalitas, netralitas dan wibawa Polri;

Profesionalisme penyelenggara pada setiap TPS;

Kawal kegiatan distribusi logistik Pemilu;

Jangan terlibat kegiatan politik terlalu dalam/praktis dan jangan sampai ada anggota Polri yang terlibat dalam tindak pidana pemilu;

Intensifkan kegiatan cooling system seperti kegiatan deklarasi damai. Utamakan upaya pencegahan sebelum tindakan penindakan;

Tingkatkan kualitas pelayanan terhadap dumas maupun laporan Polisi. 

Bangun komunikasi yang baik dan edukatif kepada masyarakat;

Tingkatkan soliditas internal dan sinergitas dengan TNI, pemerintah dan instansi penyelenggara Pemilu.


Para hadirin yang saya banggakan,

untuk menunjang keberhasilan pelaksanaan Operasi Mantap Brata 2023-2024, saat ini kita melaksanakan rapat koordinasi untuk menyamakan persepsi dan cara bertindak di lapangan, sehingga seluruh Satgas dapat berjalan beriringan sesuai dengan rencana operasi. 


Kegiatan Rakor ini juga menjadi wadah bagi kita semua untuk menyampaikan saran masukan dan pemecahan masalah terkait dengan pengamanan Pemilu 2024, selamat bertugas dan selalu jaga kesehatan. tutup Kapolda Bali. (*)

0 Komentar

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama