Komitmen Jaga Stabilitas Keamanan Maritim, Kasal Hadiri “19th Western Pacific Naval Symposium” di Qingdao, China


Jakarta— Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali menghadiri 19th Western Pacific Naval Symposium (WPNS) yang diselenggarakan di Qingdao, China, Selasa (23/04). 


Western Pacific Naval Symposium merupakan forum yang beranggotakan Angkatan Laut negara-negara di kawasan Pasifik Barat dan sekitarnya, di mana pada tahun ini WPNS mengambil tema “Ocean With a Shared Future”. 


Kegiatan yang berlangsung mulai tanggal 21 sampai dengan 25 April 2024 di Qingdao, China ini dihadiri 29 Chief of Navy dari negara-negara WPNS diantaranya, Amerika Serikat, Australia, Bangladesh, Belanda, Brunei Darussalam, Chile, Ekuador, Fiji, India, ⁠Indonesia, ⁠Jepang, Kamboja, Kanada, Kolombia, ⁠Korea Selatan, Malaysia, ⁠Meksiko, ⁠New Zealand, Pakistan, ⁠Papua Nugini, Perancis, Peru, Rusia, ⁠Singapura, ⁠Sri Lanka, Thailand, ⁠Tonga, United Kingdom, dan ⁠Vietnam.


Pada sesi High Level Symposium, Kasal dihadapan 29 Chief of Navy dari negara-negara WPNS menyampaikan presentasi dengan tema “Global Security Initiative and Maritime Peace and Security”.


Dalam presentasinya, Kasal menekankan pentingnya kerjasama dan kolaborasi di antara negara-negara kawasan untuk menyelesaikan dan mengatasi tantangan keamanan maritim global yang semakin meningkat. 


Kehadiran Kasal dalam forum WPNS ke-19 menegaskan komitmen TNI Angkatan Laut (TNI AL) dalam menjaga stabilitas dan keamanan maritim di kawasan.


Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

0 Komentar

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama