Yayasan Padukuhan Sri Chandra Bhaerawa, Diapresiasi, Dirjen Bimas Hindu, Ini Alasannya




KABARLENSA.NET   Klungkung, Sri Chandra Bhaerawa, Yayasan Padukuhan Sri Chandra Bhaerawa, diapresiasi keberadaannya oleh Dirjen Bimas Hindu, Kementerian Agama RI, lantaran telah banyak berbuat kegiatan sosial keagamaan membantu umat Hindu di Bali bahkan di luar Bali. "Ini yayasan baru terbentuk sudah banyak berbuat dalam kegiatan sosial keagamaan," Cetus Direktur Pendidikan Hindu, I Gusti Made Sunartha, mewakili Plt. Dirjen Bimas Hindu, Kementerian Agama, saat menghadiri peresmian Yayasan Padukuhan Sri Chandra Bhaerawa, pada Tilem Kedasa, Jumat (1/4/2022) di Pasraman Sri Taman Ksetra, Desa Pikat, Dawan, Klungkung. 


Menurut beliau, keberadaan yayasan yang bergerak di bidang agama Hindu di Bali melaksanakan fungsi dan tugasnya dalam pembinaan umat juga berperan mengajegkan agama Hindu Bali serta adat dan budaya Bali. Karena sampai saat ini masih minimnya transformasi terhadap generasi berikutnya berkaitan dengan bagaimana mentransformasi agama Hindu yang ada di Bali, adat dan budaya Bali. 


“Lembaga apa yang kita pakai untuk mentransformasi hal itu? Maka, saya selaku pribadi dan mewakili pemerintah khususnya Dirjen Bimas Hindu sangat mengapresiasi terbentuknya sebuah lembaga yang berge untuk ajegnya adat dan agama Hindu," Ujarnya. 


Gusti Sunartha melanjutkan, yayasan dan pasraman supaya bisa berjalan secara berkesinambungan, perlu banyak hal yang harus dipersiapkan, baik secara administrasi pemerintahan maupun dengan lingkungan desa adat. Untuk itu perlu berkomunikasi dengan baik. Setidaknya desa adat memberi perlindungan, guna menekankan moderasi beragama. 


Senada dengan itu Ketua Yayasan, Ir. Jro Mangku Ketut Suryadi, menyampaikan, pendirian Yayasan Padukuhan Sri Chandra Bhaerawa diinisiasi oleh Ida Pandita Dukuh Celagi Dhaksa Dharma Kirti selaku pembina yayasan. Yayasan ini membawahi dua pasraman, yakni pasraman di Peguyangan (Denpasar) dan di Pikat (Klungkung). Dibentuknya yayasan untuk memenuhi kelengkapan administrasi dalam pelaksanaan kegiatan sosial keagamaan. Meskipun sebelum yayasan terbentuk, pasraman di bawah bimbingan Ida Dukuh Celagi ini sudah banyak melakukan kegiatan. 


Lebih lanjut, sebut Jro Mangku Suryadi mengatakan, badan hukum Yayasan Padukuhan Sri Chandra Bhaerawa dari Menteri Hukum dan HAM RI sudah terbit tahun 2020. Karena berkaitan dengan lembaga sosial keagamaan, maka diwajibkan juga terdaftar di Kementerian Agama. Upaya pemenuhan administrasi tersebut kini tengah berproses, termasuk pengurusan izin operasional di mana lokasi pasraman berada. 


Ia juga mengungkapkan, kegiatan sosial keagamaan yang sudah terlaksana seperti upacara massal antara lain pawintenan, matatah, dan nyekah. Kegiatan sosial lainnya donor darah, bantuan ke umat Hindu di musim pandemi seperti pakaian sekolah, makanan kecil, hingga sembako. “Kami pernah mengadakan nyekah massal di Desa Pikat ini dan sangat didukung oleh tiga desa adat di sini,” imbuhnya. 


Jro Mangku Suryadi mengungkapkan, banyak sekali permintaan untuk melakukan upacara massal seperti pawintenan dan matatah. 

"Bukan daerah Bali saja, di daerah Jawa juga kami sering diminta hadir, paling tidak memberi semangat agar tidak ada berupacara atau beradat dengan rasa ketakutan. Kami memberikan pembinaan dan pemahaman bagaimana melakukan proses upacara yadnya yang indah, sesuai dengan kemampuan ketulusikhlasan, dan selalu pelaksanaannya mengacu dengan sastra tatanan berupacara,” jelasnya. 


Selain dihadiri pejabat Ditjen Bimas Hindu dan Kanwil Kemenag Bali, acara peresmian Yayasan Padukuhan Sri Chandra Bhaerawa juga dihadiri perwakilan Bupati Tabanan dan Bupati Klungkung. Pada hari yang sama digelar matatah massal yang diikuti 35 peserta. Upacara ini dirangkaikan dengan pujawali di Pasraman Sri Taman Ksetra.

KABAR LENSA GRUP

Baca Juga

Terima kasih anda sudah membaca artikel Yayasan Padukuhan Sri Chandra Bhaerawa, Diapresiasi, Dirjen Bimas Hindu, Ini Alasannya

Posting Komentar

0 Komentar