Peringati 1 Abad NU Dengan Ritual Jalan Kaki


PASURUAN - Warga di Kabupaten Pasuruan, akan melakukan ritual berjalan kaki ke lokasi acara di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, jelang peringatan 1 abad Nahdlatul Ulama (NU). 

Acara tersebut akan dilaksanakan pada 7 Februari 2023 mendatang. Ritual jalan kaki, untuk menyemarakan 100 tahun berdirinya NU.

Puluhan orang sudah mendaftarkan diri ke Kantor PCNU Kabupaten Pasuruan, melalui aplikasi online yang disediakan PCNU setempat.

" Warga antusias sekali mendaftar untuk ikut berjalan kaki. Kurang lebih 70 orang sudah mendaftar ke koordinator kita,"  kata Ketua PCNU Kabupaten Pasuruan, KH Imron Mutamakkin, Selasa (01/02/) pagi  kemarin.

Mas Ipong menjelaskan, ritual berjalan kaki itu, tidak serta merta dilakukan. Namun, ada cerita perjuangan dimana dahulu KH Kholil Bangkalan, Madura, dalam pendirian oragnisasi Nahdlatul Ulama (NU) mengutus Kiai As'ad untuk menemui KH Hasyim Asyari di  Tebuireng Jombang, dengan berjalan kaki dari Bangkalan ke Jombang memberi tanda restu pendirian NU.

"Jadi, sejarah singkatnya, ritual berjalan kaki ke acara 1 abad di Stadion Gelora Delta Sidoarjo terinspirasi dari perjuangan Kiai As'ad dalam proses berdirinya organisasi NU," cerita mas Ipong.

Meski begitu, para peserta jalan kaki ke Sidoarjo nanti akan dibatasi 100 orang. Mereka akan berangkat dari kantor PCNU Kabupaten Pasuruan, pada 6 februari 2023.

"Rombongan Pejalan kaki akan kami akomodir dan nanti berangkat bareng- bareng pada pukul 18:30 Wib dan tiba di parkiran Stadion Gelora Delta Sidoarjo padar pukul 24: 00 Wib," ujarnya.


(Yud)

0 Komentar

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama